Ikhtiar Wanadri Bagi Pencegahan Risiko Berkegiatan di Alam Terbuka

0
90

spgw-kelas-luar

BandungNewsPhoto.com | Selasa, 26 Januari 2016 | 13:49 WIB

BANDUNG – Mendaki gunung merupakan satu kegiatan alam terbuka yang banyak diminati. Selain bermuatan olah raga dan rekreasi, kegiatan ini juga dapat memupuk rasa cinta terhadap alam dan lingkungan, termasuk dapat mengenal lebih dekat tempat-tempat terpencil di Indonesia.

Selama ini, di Indonesia, masih sering terjadi musibah saat pendakian gunung yang menelan korban jiwa. Hal ini selain disebabkan faktor alam, dapat juga disebabkan kurangnya pengetahuan dan ketrampilan para penggiat kegiatan alam terbuka. Salah satu upaya untuk mengurangi musibah tersebut yaitu dengan mengadakan program pendidikan yang bermuatan pengetahuan dan ketrampilan dasar dan praktis bagi seorang penggiat alam.

Wanadri sebagai Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung, telah mengenalkan dan mengembangkan program tersebut yang dikenal sebagai Sekolah Pendaki Gunung (SPG) Wanadri. Dengan penyelenggaraan SPG Wanadri ini diharapkan dapat mengurangi resiko kecelakaan seminimal mungkin. Sehingga penyebaran pengetahuan dan keterampilan ini diharapkan dapat menjadi standar bagi penggiat alam terbuka di medan hutan tropis terkhusus di Indonesia.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 21 – 27 Maret 2016 bertempat di Kawasan Agroteknobisnis Sumedang (KAS) – Taman Buru Masigit Kareumbi, Sumedang. Motto yang diangkat dalam Sekolah Pendaki Gunung (SPG) Wanadri 2016 adalah Sigap, Kenal, dan Terampil. Sekolah Pendaki Gunung Wanadri 2016 menjadikan pelajar, mahasiswa, penggiat alam terbuka, maupun instansi dalam kurun umur 17 – 40 tahun untuk menjadi peserta kegiatan ini dengan kuota 100 orang peserta.

Tujuan utama penyelenggaraannya yaitu melalui media Sekolah Pendaki Gunung Wanadri 2016 ini diharapkan dapat menyebarluaskan pengetahuan dan keterampilan dasar hidup di alam terbuka sehingga akan menghasilkan lulusan Sekolah Pendaki Gunung (SPG) Wanadri 2016 yang berketerampilan, berpikir dan bertindak rasional dalam menghadapi kondisi ekstrem pada saat kegiatan pendakian gunung.

Termasuk pula, menghasilkan lulusan yang peka masalah kemanusian dan lingkungan. Dimana didalamnya, Wanadri akan mengajarkan beberapa materi terkait pendakian gunung maupun berkegiatan di alam terbuka dengan titik fokus pada pembinaan mental, fisik dan pengetahuan, serta dengan pembinaan intelegensia dengan beberapa contoh materinya, yaitu manajemen perjalanan, navigasi, jurnalisme lapangan, dan lain-lain. BNP/Humas Wanadri

Fotografer: Istimewa

Lokasi :Bandung, Jawa Barat