LEMBANG – Badai Siklon Dahlia mulai mengamuk. Badai ini mengakibatkan terjadinya angin kencang di Kawasan Wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (30/11/2017) siang.

Angin yang bertiup kencang itu mengakibatkan sejumlah pohon di lokasi wisata Cikole Lembang bertumbangan.

Selain menumbangkan pohon, tiang listrik dan baligho angin tropis dahlia juga merusak dan menerbangkan sejumlah atap rumah warga di RT 03/10 Kampung Gunung Putri  Desa Jayagiri Lembang Bandung Barat, Kamis (30/11) sekira pukul 09.00.

Bhabin Kamtibmas Desa Jayagiri Aiptu Ayi Saptaji melalui pesan singkat menyampaikan sejumlah penghuni untuk sementara disarankan untuk mengungsi ke rumah tetangga dan saudara terdekat. “Sejumlah atap rumah warga rusak di terjang angin besar tadi pagi. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” ujarnya

Sementara Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Dicky Maulana menuturkan selain di Desa Gudang Kahuripan pohon tumbang dan tiang listrik juga menimpa mobil di Desa Cikole.

“Pohon besar dan tiang listrik juga menimpa mobil land rover di Desa Cikole. Pohon tumbang juga menimpa sekolah SD Pagerwangi 2 di Desa Pagerwangi Lembang,” ujarnya di SDN Merdeka tadi siang.

Dicky menuturkan angin tropis dahlia terjadi di sebagian besar desa-desa di Lembang, Kawasan Bandung Utara.

Saat ini pihaknya masih melakukan inventarisir bencana pohon tumbang di seluruh wilayah Bandung Barat.

“Untuk sementara sebagian besar terjadi di utara di wilayah Lembang,” ujarnya.

Sementara berdasarkan data yang berhasil Tribun himpun, bencana angin tropis dahlia ini menimpa beberapa titik di Lembang di antaranya, Desa Gudang Kahuripan menimpa dua ruang kelas SDN Merdeka, di Desa Pagerwangi menimpa satu ruang kelas sekolah SDN Pagerwangi 2.

Di Desa Lembang pohon tumbang menimpa kabel listrik, Pendopo Kinderdorf, menimpa pagar rumah jalan Sesko AU, Kanopi kantor Polsek Lembang, dan Ruang BBPPK Lembang.

Di Desa Cibodas pohon tumbang menimpa sebuah rumah, Di Desa Cikahuripan pohon tumbang ke jalan, Desa Kayuambon menimpa rumah dan kantor BIB. Dan di Desa Jayagiri angin menrrbangkan atap puluhan rumah.

http://jabar.tribunnews.com/2017/11/30/sejak-pagi-kawasan-lembang-dikepung-angin-kencang-pohon-tumbang-timpa-mobil-dan-bangunan-sekolah