BMKG: Jabodetabek Akan Diguyur Hujan Ekstrem hingga 12 Februari

0
134

Liputan6.com, Jakarta

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi Jabodetabek akan diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Curah hujan tinggi akan melanda Ibu Kota dan sekitarnya sejak hari ini hingga sepekan ke depan.

“Menurut analisis cuaca saat ini diperkirakan kondisi hujan dengan intensitas tinggi akan terjadi diperkirakan hingga 12 Februari 2018,” ujar Kepala BKMG Pusat, Dwikorita Karnawati dalam live video conference di Kantor BMKG Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2018).

Lantaran hal tersebut, Dwikorita mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Dwikorta meminta kepada BNPB dan BPBD untuk mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat agar terus waspada dengan curah hujan yang tinggi. Menurut dia, masyarakat juga bisa mengetahui perkembangan seputar cuaca melalui aplikasi InfoBKMG.

“Dari sini masyarakat bisa dapat update, tidak hanya soal prediksi cuaca, tapi juga potensi tsunami, informasi gempa dan lain-lain,” kata dia.

Dwikorta juga meminta agar masyarakat selalu waspada dengan bencana lain selain curah hujan yang tinggi. Seperti waspada dengan potensi gempa yang bisa datang sewaktu-waktu.

“Kita disibukkan dengan cuaca ekstrem yaitu potensi bencana, tetapi kami tetap memohon dan mengimbau seluruh warga masyarakat tentang potensi kegempaan juga,” katadia.

Rabu, (7/2/2018) ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuacaJakarta dan sekitarnya pagi ini akan berawan. Namun, wilayah Bekasi diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Siang harinya, BMKG memprediksi cuaca Jabodetabek akan diguyur hujan dengan intensitas hujan yang berbeda-beda. Namun, di wilayah Jakarta Utara, Kepulauan Seribu, dan Bekasi akan diselimuti cuaca berawan.

Menjelang malam hari, sebagian wilayah Jabodetabek masih akan sama dengan cuaca pada siang hari. BMKG memprediksi seluruh Jabodetabek diguyur hujan dengan intensitas hujan yang berbeda-beda. Sedangkan di wilayah Jakarta Selatan,  Jakarta Timur, Tangerang, dan Bekasi akan diselimuti cuaca berawan

Berikut prakiraan cuaca Jabodetabek selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG, Rabu (6/02/2018):

 Kota  Pagi  Siang  Malam
 Jakarta Barat  Berawan  Hujan Lokal  Hujan Ringan
 Jakarta Pusat  Berawan  Hujan Lokal  Hujan Ringan
 Jakarta Selatan  Berawan  Hujan Sedang  Cerah Berawan
 Jakarta Timur  Berawan  Hujan Sedang  Cerah Berawan
 Jakarta Utara  Berawan  Cerah Berawan  Hujan Ringan
 Kepulauan Seribu  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Hujan Sedang
 Tangerang  Cerah Berawan  Hujan Lokal  Cerah Berawan
 Bekasi  Hujan Ringan  Berawan  Berawan
 Bogor  Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Depok  Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan

 

http://news.liputan6.com/read/3263705/bmkg-jabodetabek-diguyur-hujan-siang-dan-malam-nanti