Demi Citarum Harum, Warga Kecamatan Coblong Bersihkan Aliran Sungai Cikapundung

0
88

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Dedi Priadi, selaku Camat Coblong Kota Bandung, terjun langsung bersama warga ke aliran Sungai Cikapundung, untuk melakukan karya bakti Citarum harum, Kamis (15/2/2018).

Ratusan tim gabungan dari TNI, Polri dan segenap lapisan masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Coblong, Kota Bandung membersihkan aliran Sungai Cikapundung menggunakan alat pendukung kebersihan.

“Sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, bahwa melestarikan sungai itu harus dan mutlak. Harapannya, masyarakat di generasi mendatang bisa menikmati kebersihan sungai melalui ikan yang sehat dan air yang layak dikonsumsi,” kata Camat Coblong Dedi Priadi di Tanikota, Coblong, Kota Bandung, Kamis (15/2/2018).

Dedi juga berterimakasih kepada Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Doni Monardo yang telah memerintahkan anggotanya untuk melestarikan Sungai Citarum agar kembali harum.

Terkhusus masyarakat Kecamatan Coblong, merespons kegiatan pelestarian tersebut secara baik dan positif.

Berawal dari pengumpulan Camat dan Lurah untuk mensosialisasikan tentang bahayanya dampak pencemaran Sungai Citarum.

Dedi memandang, bahwa kondisi Sungai Cikapundung yang mengalir melewati tiga Kelurahan di Kecamatan Coblong, sudah sangat membutuhkan perhatian khusus.

“Kelurahan yang dialiri anak Sungai Citarum ialah, Kelurahan Dago, Cipaganti, dan Kelurahan Lebak Siliwangi,” kata Dedi, Kamis (15/2/2018).

Permasalahan yang ada di wilayah Coblong, Kota Bandung ialah keterbatasan lahan dan belum tingginya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya.

Pantauan Tribun Jabar di sepanjang aliran Sungai Cikapundung yang mengalir di wilayah Coblong, bahwa di dasar sungai banyak sampah plastik yang tersangkut dan menghambat aliran air Sungai.

Permasalahan sampah di Sungai, menurut Camat Coblong tersebut hanya satu dari sekian banyak permasalahan.

Masalah lainnya ialah, masih ada warga yang tinggal di bantaran sungai dan membuang limbah rumah tangga seperti tinja secara langsung ke aliran sungai.

“Kami akan merancang untuk membuat septitank komunal di beberapa titik. Tujuannya, agar warga tidak lagi sembarangan membuang sampah ke aliran Sungai,” ujarnya.

Kontur alam yang menurun dan bergelombang di wilayah Kecamatan Coblong, juga menjadi kendala dalam pembuangan sampah.

Petugas kebersihan mengalami kesulitan untuk mengakses tempat yang terdapat sampah.

Maka, untuk mempermudah, pihak TNI dan Kecamatan Coblong akan membuat sosialisasi dan pelatihan pengolahan sampah organik dan anorganik yang berasal dari rumah tangga.

“Masyarakat akan diarahkan untuk memisahkan sampah organik dan anorganik. Tujuannya, agar tidak terjadi tumpukan sampah yang ujungnya berpotensi mengotori sungai,” katanya.

Sebagai wujud nyata pelestarian Citarum, Camat Coblong dan Komandan Subsektor 22 wilayah Bandung, Kolonel Inf Asep Rahman Taufik juga akan melakukan penanaman pohon Kapundung di lahan yang tersisa.

Laporan Wartawan TribunJabar Daniel Andreand Damanik

http://jabar.tribunnews.com/2018/02/15/demi-citarum-harum-warga-kecamatan-coblong-bersihkan-aliran-sungai-cikapundung