Tim Puncak Yamin Berlatih di Argopuro

0
71

Tim ekspedisi Puncak Yamin kembali gelar diklat gunung hutan untuk kesekian kalinya. Materi utama yang dititikberatkan pada diklat kali ini yakni sistem RPJ-RPL atau Regu Pembuka Jalur dan Regu Pembawa Logistik dengan pemilihan lokasi diklat Gunung Argopuro Kabupaten Jember Jawa Timur.

Total lintasan jarak sepanjang 25,7 Km ditempuh selama 8 hari operasional yang diawali dari titik awal Desa Badean, Kecamatan Bengalsari. Berbagai macam vegetasi pun ditemui seperti kebun kopi, hutan tropis, hingga padang savana. Tim mencapai puncak Argopuro padahari kedelapan operasi melalui jalur Puncak Arca dan menuju Danau Taman Hidup setelah melewati tujuh kali berbivak di bermacam medan.

Tim Pendakian Puncak Yamin Yang tergabung dalam progam Festival Puncak Papua ini memang harus terus berlatih untuk mencapai hasil terbaik di salah satu puncak tertinggi di Papua. Puncak Yamin (4.535 mdpl) adalah salah satu puncak tertinggi di Pegunungan Bintang. Puncak Yamin, atau “Prins Hendrik Top”, terletak di dua kabupaten yaitu Kabupaten Pegunungan Bintang dan Kabupaten Yahukimo Papua. Salah satu permukiman terdekat di kaki Puncak Yamin adalah Osua Annin di Distrik Bime Kabupaten Pegunungan Bintang. Untuk menuju Bime, tim hanya bisa melalui Bandara Sentani Jayapura dengan pesawat udara.

Untuk menuju Sentani, Jayapura bisa diakses melalui dua alternatif, yaitu via laut dan udara. Melaui Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, memerlukan waktu 7 hari pelayaran ke Jayapura, kemudian dilanjutkan via darat menggunakan kendaraan roda empat ke Bandara Sentani, Jayapura. Sementara via udara, penerbangan Jayapura-Sentani tersedia, baik langsung maupun transit, dengan total perjalanan sekitar 7 jam. Dari Sentani menuju Bime menggunakan pesawat perintis selama 1 jam.*