PLN Pusharlis Tambah 1.000 Pohon di Kareumbi

0
30

PT PLN (Persero) Pusat Pemeliharaan Ketenagalistrikan (Pusharlis) Bandung ikut serta dalam program Wali Pohon di Taman Buru Masigit Kareumbi (TBMK) dengan menyumbang 1.000 pohon.

“Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup dan program PLN Peduli, kami menanam¬† 1.000 pohon di Kareumbi ini,” ujar GM PT PLN Pusharlis, Najahul Imtihan pada acara simbolik penanaman pohon di TBMK, Jumat (8/6/2018) pagi.¬†Najahul juga menjelaskan bahwa PLN Pusharlis tidak hanya akan melaksanakan program penanaman pohon, tetapi juga dengan pemeliharaannya.

Sementara itu Manajer TBMK Sandhyakala Ning Tyas (Echo) menjelaskan bahwa PLN sudah dua kali ikut program Wali Pohon. “Yang pertama itu 2.000-an lebih pohon yang ditanam. Kami mengucapkan terima kasih atas keikutsertaan PLN dalam program kami,” katanya.

Echo juga menjelaskan bahwa lahan gundul di Kareumbi masih luas dan perlu penanganan yang baik karena Kareumbi adalah area tangkapan air terbesar di timur Bandung. “Luas kawasan ini 12.000 hektare lebih dan kami baru bisa menanam 200 ribuan pohon. Kelihatannya sudah banyak, tetapi sebenarnya itu baru sebagian kecil dari luas kawasan. Padahal, kareumbi ini punya peran penting sebagai sub-DAS dua sungai besar di Jawa Barat, Citarum dan Cimanuk,” tutur Echo.

Lebih jauh Echo menjelaskan bahwa penanaman pohon akan dilakukan pada saat musim tanam yang bersamaan dengan musim hujan. “Biasanya kami menanam pada bulan November dan Desember. Setelah penanaman, setiap tahun kami melakukan pemeliharaan sehingga kami menjamin pemeliharaan pohon yang ditanam hingga tiga tahun.”