ArtikelArtikel Pendidikan

10 Tips Mudah Night Dive atau Penyelaman Malam

Teringat akan pengalaman night dive di salah satu pulau terindah di pulau Jawa. Bersama para sahabat, saya mencoba untuk melakukan penyelaman di pelabuhan. Namun, yang membedakan di sini adalah bukan pagi/siang/sore hari melainkan kami menyelam pada malam hari.

Sungguh pengalaman yang tidak akan terlupakan saat pertama kalinya saya menyelam pada malam hari. Segala perlengkapan untuk penyelaman malam akan lebih banyak dan safety dibandingkan dengan cahaya terang seperti siang hari.

Dari pengalaman penyelaman malam pertama saya dan teman-teman tersebut timbul untuk berbagi tips cara penyelaman yang benar dan aman bagi para penyelam malam apalagi yang masih pemula.

TIPS NIGHT DIVE

1. Pastikan tujuanmu melakukan night dive
Hampir sama dengan prosedur penyelaman. Apa yang akan kita kerjakan di bawah? Pada malam hari pun sama, harus ada brifing terlebih dahulu apa target kita saat menyelam malam agar waktu menyelam menjadi efisien.

2. Alat Lengkap
Salah satu pengalaman menarik saat night dive pertama kali adalah ketika senter yang saya bawa mati – baterai habis – dan ini membawa adrenalin saya secara pribadi menjadi sangat terpacu. Untungnya ada tips nomer 3.

3. Jangan menyelam sendirian saat night dive
Untungnya saya memiliki teman yang berdampingan dengan saya, saat itulah sangat terasa bahwa buddy adalah setengah dari nyawa kita.

4. Jangan arahkan senter pada mata
Bagi yang tak terbiasa pasti kita akan menunjukkan senter di bagian muka teman kita untuk mengetahui siapa dia dan apa yang akan dilakukannya. Namun, ini bisa berakibat buruk untuk pelihatan teman kita. Arahkan senter di bagian tangan atau bagian tubuh lainnya asal tidak terkena oleh mata.

5. Menyelamlah di tempat yang dangkal

Semakin dangkal Anda menyelam maka semakin baik untuk terhindar dari segala kemungkinan terburuk. Biasanya, penyelaman malam dilakukan untuk menikmati keindahan ekosistem dan ikan ketika mereka sedang tertidur. Semakin dangkal Anda menyelam maka waktu untuk menikmati ekosistem tersebut juga akan semakin lama karena tidak perlu melakukan safety stop. Selain itu, penyelaman di tempat dangkal akan lebih mudah untuk naik ke permukaan apabila terjadi hal yang mengharuskan seorang penyelam naik ke permukaan.

6. Bawa cadangan mata kita
Saat melakukan penyelaman malam senter adalah barang terpenting karena ia akan menjadi mata kita saat menyelam. Jadi disaranakan untuk membawa cadangan senter ketika sewaktu-waktu ada masalah dengan salah satu senter yang kita gunakan. Jangan lupa untuk selalu mengikatnya atau menempelkannya padai badan kita agar senter tersebut tidak mudah terlepas dan hilang.

7. Pahami kode simbol
Ketika melakukan night dive Anda harus berkomunikasi dengan teman tentang simbol yang akan digunakan ketika melakukan komunikasi di bawah. Misalkan OK maka senter akan diputar seperti lingkan, misalkan TIDAK maka cahaya senter digelengkan akan-kiri, dll. Jika ini terlalu sulit maka arahkan cahaya enter pada tangan anda yang satunya dan buatlah kode dengan tangan anda.

8. Tau medan penyelaman
Sebelum melakukan penyelaman malam usahakan Anda sudah mengetahui dengan benar medan perairan di sana. Jika memungkinkan, lakukanlah penyelaman pada siang hari terlebih dahulu di titik selam untuk night dive.

9. Lampu Tanda Pulang
Ketika Anda masuk dalam air melalui pantai – bukan dari kapal – maka tandailah pantai tersebut dengan lampu, agar Anda mudah utuk menemukan jalan pulang.

10. Berdoa dan tetap tenang serta fun
Berdoalah sebelum dan sesudah melakukan penyelaman, yang paling penting adalah tetap fun dan tetap tenang didalam pengalaman baru yang gelap. Cemas dan panik itu biasa terjadi apalagi bagi pemula, tetapi teruslah berpikir baik untuk mencapai target night dive.

Demikian beberapa tips untuk melakukan penyelaman malam agar tersasa lebih menyenangkan dan aman.

Waspadadira Anuraga

Sumber: http://www.cintalaut.com