Artikel Kemanusiaan

202 Titik Api Muncul Lagi di Sumsel

Pembakaran hutan terbanyak terjadi di daerah Musi Banyuasin.

Kebakaran hutan kembali terjadi di Sumatera Selatan. Kini, Rabu 3 September 2014, setidaknya terdapat 202 titik api yang tersebar di 12 kabupaten.

Berdasarkan data dari Satelit Aqua/Terra Modis pada 1 September, di wilayah Kota Pagar Alam terpantau 1 titik api, Ogan Ilir 6 titik api, Ogan Komering Ilir 26 titik, Ogan Komering Ulu 16 titik, Musi Rawas 32 titik, Musi Banyuasin 39 titik, Bandar Agung 20 titik, Empat Lawang 13 titik, Lahat 8 titik, Muara Enim 10 titik, Musi Rawas Utara 24 titik, dan Pali 6 titik.

Sedangkan pada 2 September 2014 titik api hanya terpantau di Ogan Komiring Ilir, sehingga dengan total keseluruhan pada awal September 2014 sebanyak 202 titik Api yang terpantau. Namun belum diketahui berapa jumlah titik api pada hari ini.

Sedangkan selama tahun 2014 dari Januari hingga Agustus, titik api terpantau sebanyak 1.106 di 17 kabupaten kota di Wilayah Sumsel.

Kepala Unit Pelayanan Tekhnis Daerah Kebakaran Hutan dan Lahan Sumatera Selatan Achmad Taufik menyebutkan, titik api terbanyak terjadi di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin.

“Karena hampir keseluruhan, warga di Musi membuka lahan dengan cara dibakar. Sekarang kami melakukan patroli di seluruh wilayah untuk mengantisipasi terjadinya kabut asap,” kata Taufik.

Sumber : http://nasional.news.viva.co.id/