ArtikelArtikel KemanusiaanWanadri Disaster Group

22 Komunitas dan Organisasi Bergabung ke Poskogab Siaga Bencana Jabar 2020

Bandung.- Sebanyak 22 komunitas dan organisasi menyatakan bersedia bergabung ke dalam Poskogab Siaga Bencana Jabar 2020. Demikian kesepakatan sementara pada pertemuan awal Posko Gabungan Siaga Bencana Jawa Barat di Gedung Orange Sekretariat Wanadri Jalan Pahlawan No 70 Bandung, Senin, 6 Januari 2020.

Pertemuan yang diinisiasi oleh Wanadri Disaster Group (WDG) tersebut dihadiri lebih dari 180 orang dari 76 organisasi, komunitas, LSM, dan instansi pemerintah. Jumlah komunitas yang akan bergabung akan terus bertambah karena sebagian besar perwakilan organisasi dan komunitas baru akan berkoordinasi dengan pengurus organisasinya dalam waktu satu-dua hari. Secara umum organisasi dan komunitas, terutama instansi
pemerintah yang hadir, setuju dan mendukung dibentuknya Poskogab Siaga Bencana Jawa Barat 2020.

Dalam peretemuan itu dilaksanakan diskusi dan sharing mengenai siaga bencana di Jawa Barat oleh komunitas, instansi pemerintah, dan orang-orang yang ahli dan berpengalaman dalam kebencanaan. Acara makin hidup dan aktif saat membahas usulan mengenai struktur Poskogab, alur, sistem dan mekanisme yang akan digunakan untuk keberjalanan siaga bencana di Poskogab tersebut.

Dari pertemuan awal tersebut akan dibentuk tim kecil untuk membahas lebih lanjut dan akan menjadi motor penggerak Poskogab, dengan terus berkoordinasi dengan semua pemangku kepentingan yang terlibat. Dalam kurun waktu 3-4 hari tim kecil akan berprogres dengan cepat untuk menyiapkan tim besar yang siap siaga dalam menghadapi bencana di Jawa Barat, sesuai status siaga yang ditetapkan Pemerintah Provonsi Jawa Barat sampai akhir Juni 2020.

Selanjutnya Poskogab Siaga Bencana Jabar 2020 tetap membuka pintu bagi para relawan, organisasi, komunitas, LSM, dan lain-lain yang ingin menjadi bagian dari Poskogab tersebut. Terutama bagi relawan yang bersedia dan siap diturunkan ke medan operasi (lapangan) pada saat bencana terjadi, atau pada saat dibutuhkan. Untuk bergabung dapat menghubungi Sdri. Maya di nomor Whatsapp (0812-2328-6460).

Pertemuan selanjutnya akan disampaikan melalui perwakilan atau delegasi yang sudah hadir pada pertemuan awal ini.*

https://www.youtube.com/watch?v=h9PB8xcPM3A&feature=youtu.be

Comment here