Kang Emil, Semoga Lahir “Usol-Usol” yang Lain

Gubernur Jawa Barat, H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. berharap akan lahir “Usol-Usol” lain baik dari lingkungan Wanadri ataupun dari anak-anak muda lain di Indonesia. Oleh karena itu, Pemda Provinsi Jawa Barat membeli 1.000 eksemplar buku Menggapai Angkasa Nusantara yang ditulis oleh Dyan Nuranindya dan Tim Wanadri untuk dibagikan ke sekolah-sekolah.

 

”Buku ini mengisahkan perjalanan Kang Usol, Saleh Sudrajat yang terbang solo dari Sabang sampai Merauke menggunakan pesawat trike. Harapan saya, seribu buku ini dapat dibaca oleh ribuan pelajar dan menginspirasi mereka,” ujar Kang Emil dalam acara Peluncuran Buku Menggapai Angkasa Nusantara di Aula Barat Gedung Sate Jln. Diponegoro Bandung, Sabtu (29/9/2018).

Dikatakannya juga, ekspedisi yang dilakukan Kang Usol tersebut bukan perjalanan yang bisa ditempuh oleh sembarangan orang. “Ekspedisi ini memerlukan keberanian dan energi yang besar. Semoga nanti akan ada ekspedisi lain dalam bentuk yang berbeda,  seperti penyelaman laut Indonesia sampai kedalaman tertentu dengan alat yang canggih. Siapa tahu ya?” tuturnya.

 

Saleh Sudrajat (W-293-TR) melakukan terbang solo menggunakan pesawat ultraringan trike selama 37 hari, 15 Mei – 17 Juni 2018, menempuh jarak 6.422 km dari Sabang sampai Merauke. ”Ekspedisi ini memang tidak mudah. Banyak kendala yang terjadi, misalnya saja tentang sulitnya mendapatkan bahan bakar pertamax plus yang tidak tersedia di semua tempat. Untunglah, kendala ini bisa diatasi berkat kerja keras tim darat,” tutur Ketua Tim Ekspedisi Yemo Wakulu (W-638-TORA).

Selain meresmikan peluncuran buku Menggapai Langit Nusantara, secara langsung Kang Emil juga memimpin doa untuk kesehatan dan keberkahan Kang Usol.*