ArtikelArtikel Pendidikan

AMW Jalani Program Masa Anggota Muda

Setelah menyelesaikan Sekolah Gunung Hutan (SGH) 2019 di Kawasan Pegunungan Ciwidey Jawa Barat, 19-23 April 2019, Anggota Muda Wanadri (AMW) angkatan Angin Kabut – Windu Purnama (Aka-Wipa) menjalani Sekolah Tebing Terjal, 11-14 Juli 2019.

Sesuai dengan ketentuan organisasi, setelah pendidikan dasar Wanadri siswa berstatus sebagai Anggota Muda Wanadri (AMW). AMW berkewajiban untuk mengikuti Program Masa Anggota Muda untuk menjadi anggota biasa Wanadri dan memiliki nomor regristrasi pokok.

“Para Anggota Muda Wanadri wajib mengikuti sekolah-sekolah lanjutan, yaitu Sekolah Gunung Hutan, Sekolah Tebing Terjal, ORAD (Olah Raga Arus Deras), ESAR (Explorer Search and Rescue), PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat), Jurnalistik, Sekolah Manajemen Ekspedisi, dan pada akhirnya AMW mampu melaksanakan sebuah Ekspedisi,” tutur Rajandi Silalahi (W 1108 TOBA), Komandan Masa Anggota Muda 2019.

Sekolah Tebing Terjal adalah salah satu kegiatan yang dijalani AMW agar memiliki pengetahuan dan pemahaman serta keterampialn medan tebing terjal. “Para AMW akan mengasah keterampilan dan meningkatkan jam terbang di medan tebing terjal sehingga siap melaksanakan operasional di medan tebing terjal dengan aman,” ujar Kepala Sekolah Tebing Terjal, Robi Setiawan (W 1058 Topan Rimba) .

Pada Sekolah Gunung Hutan, kegiatan diawali dengan persiapan perjalanan sehari sebelum pelaksanaan, berupa pembekalan materi kelas, pemeriksaan medis dan Tes Kemampuan Dasar di Sekretariat Wanadri. Pada perencaan ini juga AMW mulai belajar membuat proposal perjalanan dengan metode asistensi per regu, serta belajar merencanakan jalur navigasi Gunung Hutan pada peta secara mandiri.

Kegiatan selanjutnya berlatih navigasi di kawasan pegunungan Ciwidey selama lima hari dengan materi latihan tingkat lanjut mengenai sanjak, survival berupa bivak alam, perangkap binatang, pembuatan api, dan teknik bertahan hidup di hutan lainnya. Melengkapi kegiatan tersebut, setelah ditutup setiap AMW kembali dites kemampuan dan pemahamannnya mengenai materi dan latihan untuk tolok ukur keberhasilan latihan.*

 

 

 

 

Comment here