Artikel Lingkungan

Antisipasi Kebakaran, Petugas Pos Gunung Sindoro Perketat Pengawasan

Sekelompok pendaki Gunung Sindoro melalui basecamp Kledung Temanggung. Memasuki kemarau tahun ini, petugas pos pendakian Kledung memperketat pengawasan barang bawaan pendaki untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan. (Foto: Antara/Heru Suyitno)*

Temanggung – Petugas pos pendakian Gunung Sindoro via Kledung di Kabupaten Temanggung Provinsi Jawa Tengah akan memperketat pengawasan pendakian dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan di kawasan tersebut. Apalagi, saat ini sudah mulai memasuki musim kemarau.

Pada tahun 2018, di gunung perbatasan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo tersebut terjadi beberapa kali kebakaran yang menghanguskan ratusan hektare lahan hutan.

Ketua Gabungan Remaja Anak Sindoro (Grasindo, basecamp pos pendakian Sindoro via Kledung) Rian Indra mengatakan, pihaknya memperketat pengawasan barang-barang bawaan pendaki untuk mencegah terulangnya kebakaran hutan di gunung dengan ketinggian 3.136 mdpl tersebut.

“Apa saja yang harus ditinggalkan dan apa yang harus dibawa turun kembali sesuai dalam pengecekan sebelum naik agar mereka tidak meninggalkan sampah di atas,” kata Rian, Kamis (27/6/2019), dikutip dari Antara.

Dikatakannya, sampah yang dibawa pendaki bisa menjadi penyebab kebakaran di atas gunung. Karena itu, pihaknya mengharuskan para pendaki untuk mencatat sekaligus mengecek seluruh barang bawaannya di basecamp pos pendakian sebelum naik gunung.

Rian mengatakan, jika pendaki meninggalkan sampah di gunung akan ada sanksi yaitu membersihkan kembali sampah di lokasi yang mereka tempati. “Jangan sampai pendaki meninggalkan sampah sembarangan karena bisa menyebabkan kebakaran. Untuk itu ada sanksinya,” katanya menegaskan.

Rian juga mengimbau para pendaki Gunung Sindoro untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan. Sebab, katanya, jika puntung rokok dibuang di mana saja dengan menyisakan bara api menjadi faktor utama terjadinya kebakaran hutan.

“Untuk itu, para pendaki diharuskan menyiapkan tempat puntung rokok yang dinilai aman saat di basecamp,” ujarnya.

Selain memperketat barang bawaan termasuk sampah dan soal puntung rokok, saat musim kemarau ini pendaki Gunung Sindoro tidak diperbolehkan membuat api unggun. (iar)*

Comment here