Banjir Terjang Cilengkrang, Belasan Rumah Rusak

Warga membersihan material banjir bandang di perumahan Jatiendah Regency, RT 04 RW 16 Desa Jatiendah Kecamatan Cilengkrang, Kota Bandung, Minggu, 10 Februari 2019.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

Bandung – Banjir bandang menerjang perumahan Jatiendah Regency RT 04 RW 16 Desa Jatiendah Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Sabtu malam (9/2/2019) hingga Minggu dini hari (10/2/2019).

Hujan lebat yang mengguyur wilayah itu sejak Sabtu sore hingga malam, mengakibatkan satu tanggul di kawasan Pasirjati jebol. Banjir bandang tersebut, seperti diberitakan pikiran-rakyat.com, karena meluapnya Sungai Cicalobak yang kemudian melanda permukiman warga. Peristiwa meluapnya sungai tersebut terjadi sekira pukul 22.10 WIB.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Sudrajat mengatakan, banjir bandang tersebut telah menyapu 12 warga di perumahan Jatiendah Regency RT 04 RW 16 Desa Jatiendah Kecamatan Cilengkrang. Menurutnya, dua rumah dia antaranya rusak berat dan sisanya rusak sedang.

“Banjir bandang menyapu 12 rumah warga. Di antaranya dua rumah ambruk (rusak berat), dan 10 rumah rusak sedang,” terang Sudrajat, saat on air di PRFM News Channel, Minggu (10/2/2019), dikutip dari prfmnews.

Selain melanda rumah warga, tambah Sudrajat, banjir bandang tersebut juga mengakibatkan tiga orang meninggal dunia, satu orang luka berat, dan dua orang luka ringan.

“Korban jiwa tiga orang atas nama Firdasari 35 tahun, Nuraini 25 tahun, dan Rauvan 17 bulan,” terangnya. Semua korban meninggal dunia sudah ditemukan.

Luapan Sungai Cicalobak yang menyambung ke Sungai Cilameta dan Cisaranten juga mengakibatkan permukiman di Kelurahan Cigending dan Pasirjati Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung, terlanda banjir bandang.

“Untuk wilayah Ujung Berung ada dua rumah yang tergerus air di Kelurahan Cigending, sementara di Sukup (Pasirjati) samping SMA 24 kirmir Sungai Cilameta ambrol. Kita masih melakukan koordinasi karena masih terus melakukan pendataan rumah warga yang terkena bencana maupun kerugian materiil,” ujar Camat Ujung Berung Taufik. (iar)*

 

https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2019/02/10/banjir-bandang-cilengkrang-terjang-tiga-kecamatan

http://www.prfmnews.com/berita.php?detail=banjir-bandang-di-pasir-jati-sebabkan-2-rumah-ambruk-dan-3-orang-meninggal-dunia

Leave a Reply