ArtikelArtikel Lingkungan

BKSDA Akan Lepasliarkan Macan Kumbang di Gunung Ciremai

Macan Kumbang yang tertangkap di Subang akan dilepasliarkan di Gunung Ciremai.

BANDUNG – Macan kumbang atau macan tutul (Panthera pardus melas) yang tertangkap di permukiman warga Kampung Cimalingping Desa Sindangsari Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang pada 1 Juni 2019, disebut-sebut bakal dilepasliarkan ke dalam kawasan hutan Gunung Ciremai oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat. Namun, Balai Taman Nasional Gunung Ciremai sementara ini belum memberikan kepastian izin untuk rencana tersebut.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai Kuswandono membenarkan adanya rencana tersebut. “Betul saya juga telah mendapat informasi itu, tetapi sejauh ini saya belum menyatakan kepastian membolehkan tidak macan tutul itu di-release (dilepaskan) di Gunung Ciremai ini,” ujar Kuswandono seperti dilansir dari pikiran-rakyat.com, Sabtu (22/6/2019).

Kuswandono secara lisan telah meminta waktu kepada BKSDA Jabar untuk konsultasi publik dengan sejumlah pihak terkait di sekitar kawasan TNGC. “Beberapa representasi masyarakat nanti kami undang untuk mengikuti pertemuan itu. Tentunya pemerintah daerah, Dandim, dan Kapolres juga akan diundang. Kalau dari rapat itu ada kesepakatan macan tutul itu boleh direlease di Ciremai, baru kemudian ditentukan tanggal pelaksanaannya,” katanya.

Dia menuturkan, para pihak yang akan diundang untuk pertemuan itu mencakup dari Kabupaten Kuningan dan Majalengka. Ini karena kawasan TNGC posisinya berbatasan langsung dengan dua wilayah kabupaten tersebut.

Kuswandono menambahkan, untuk melepasliarkan macan tutul ke alam bebas harus memenuhi berbagai persyaratan. Di antaranya kondisi macannya harus benar-benar teruji dulu mampu bertahan hidup di alam liar, dan lingkungan alam yang dipilih untuk tempat melepasliarkannya juga harus diketahui pasti mendukung kebutuhan hidup satwa tersebut berdasarkan hasil penelitian ekologi.

Sebelumnya diketahui macan tutul hitam atau lebih dikenal masyarakat dengan sebutan macan kumbang berhasil ditangkap hidup dengan cara dibius ketika macan tersebut keluar hutan dan berkeliaran di perkampungan penduduk Cimalingping, Kabupaten Subang, 1 Juni 2019 lalu. Setelah dievakuasi dari kampung tersebut, macan tutul itu hingga saat ini dititipkan sementara pihak oleh BKSDA Jabar di Kebun Binatang Bandung. (Nuryaman/PR).