Artikel Kemanusiaan

BNPB : Tak Ada Gunung Api Dalam Status Awas Saat Lebaran 2019

Erupsi Gunung Agung di Kabupaten Karangasem Bali beberapa waktu lalu. BNPB memastikan, selama periode Lebaran 2019 tak ada gunung api di Indonesia yang berstatus awas (level IV). (Foto: setkab.go.id)*

Jakarta – Terkait ancaman bencana geologi saat Lebaran 2019, Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Wisnu Widjaja memastikan, status gunung api tidak ada yang berstatus awas (level IV).

“Ancaman bencana geologi gunung api sudah tidak ada yang posisi awas,” ujar Wisnu di Grha BNPB di Jakarta, Jumat (31/5/2019), seperti dikutip merdeka.com.

Meski demikian, dia mengimbau masyarakat supaya tidak berada dan beraktivitas dalam radius bahaya yang telah ditetapkan. Wisnu mencontohkan, di Gunung Agung (Bali), masyarakat tidak diperbolehkan masuk dalam radius 4 Km. Gunung yang berada di Kabupaten Karangasem ini masih sering mengeluarkan abu vulkanik.

Masyarakat yang nekat masuk ke zona tersebut sangat berbahaya sehingga pihaknya mengimbau untuk mengikuti apa yang sudah dibuat dan ditetapkan oleh tim kebencanaan. Namun, kata dia, imbauan itu tak serta merta membuat masyarakat menjadi khawatir berwisata selama mereka berada dalam radius yang aman.

Selain mengimbau, pihaknya juga menyarankan masyarakat dan wisatawan agar mengenali risiko di daerah yang didatanginya. “Saya sekali lagi mengimbau kepada masyarakat, kenali ancaman di wilayah tersebut kalau masuk di suatu daerah yang asing,” kata Wisnu.

Saat ini, sejumlah gunung api di beberapa daerah memang tengah erupsi tetapi berada pada status level III (siaga) dan level II (waspada). Seturut laporan kebencanaan geologi per 31 Mei 2019 yang dirilis laman esdm.go.id, gunung-gunung api berstatus siaga antara lain Gunung Agung di Bali, Gunung Sinabung di Sumatera Utara, Gunung Karangetang dan Gunung Soputan di Sulawesi Utara.

Sementara gunung api berstatus waspada antara lain Gunung Merapi di Jawa Tengah-Yogyakarta Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda (Lampung), Gunung Kerinci di Jambi, dan Gunung Bromo di Jawa Timur. (iar)*

Comment here