Artikel Penjelajahan

BTNGMb Uji Coba “Booking Online” Bagi Pendaki Gunung Merbabu

Para pendaki berkemah di Gunung Merbabu Boyolali Jawa Tengah. Mulai Kamis (25/4/2019), Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) menerapkan uji coba pendaftaran online bagi pendaki Gunung Merbabu. (Foto: Instagram @pendakilawas)*

Boyolali – Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) menerapkan booking online bagi pendaki Gunung Merbabu mulai Kamis (25/4/2019).

Dikutip dari kompas.com, Plh Kepala BTNGMb Johan Setiawan mengatakan bahwa pemberlakuan aturan ini masih dalam tahap uji coba. Tujuannya adalah mewujudkan ketertiban sekaligus kenyamanan aktivitas pendakian gunung yang terletak di Boyolali Jawa Tengah tersebut.

Booking online itu adalah manajemen pendaftaran secara online untuk mendata pendaki dalam hal pengaturan kuota pendaki,” ujar Johan, Kamis (25/4/2019). Pendaftaran dapat dilakukan melalui website resmi BTNGMb. Selain itu, pihaknya juga tengah menyiapkan aplikasi pendaftaran dan segera diuji coba.

Dikatakan Johan, langkah baru ini digunakan sebagai pemantau pendakian dan pengaturan jumlah pendaki yang naik atau turun Gunung Merbabu. Diharapkan, tak terjadi lagi penumpukan pendaki seperti yang viral di media sosial pekan lalu.

Dengan kebijakan pendaftaran daring tersebut, pihak BTNGMb juga berharap dapat menghimpun data lengkap pendaki berserta rombongannya sehingga memudahkan proses evakuasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pendaki cukup menunjukkan nomor registernya saat di pos pendaftaran di lokasi.

Dalam pendaftaran ini ada beberapa data yang mesti diisi calon pendaki seperti nama dan jumlah pendaki yang berangkat, kapan naik dan turunnya, nomor identitas serta kontak personal yang dapat dihubungi dalam keadaan darurat. Pendaftaran dapat dilakukan jauh-jauh hari.

“Kalau ngisi di rumah kan dia (calon pendaki) punya banyak waktu,” kata Johan.

Menurut dia, uji coba pendaftaran daring ini baru diterapkan untuk jalur pendakian Selo. Jika uji coba berjalan lancar, kata Johan, maka metode tersebut akan segera dipermanenkan. (iar)*