Artikel Lingkungan

Hari Bumi, KLHK Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan & Spesies

Jakarta – Dalam momentum Hari Bumi yang jatuh setiap  22 April, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengajak seluruh masyarakat menjaga lingkungan dan spesies. Hal ini mengacu kepada tema global tahun 2019 yang bertajuk “Protect Our Species”.

Kepala Biro Humas KLHK Djati Witjaksono mengutarakan, kampanye serupa juga dilakukan pihak KLHK. “Kalau kita bicara Hari Bumi yang temanya adalah ‘Protect Our Species’ berarti lindungilah spesies-spesies kita, tumbuhan dan satwa liar kita yang ada. Berarti makin concern gitu,” ujar Djati, Senin (22/4/2019), dikutip dari detikcom.

Dikatakan, sejatinya menjaga bumi adalah kewajiban umat manusia di dunia. Lingkungan, tumbuhan, satwa dan segala isi bumi mesti dijaga manusia secara bersama-sama. Bahkan, tak hanya lingkungan yang menjadi tempat tinggal manusia tetapi habitat atau tempat hidup spesies lainnya mesti dijaga dengan baik. Bukan sebaliknya malah dirusak.

“Kita harus melindungi habitat tempat hidup. Jadi, bumi ini sebagai tempat hidup spesies-spesies,” ujar Djati.

Menyambut atau memperingati Hari Bumi tahun 2019, Djati mengatakan, pihak KLHK tidak punya acara khusus. Meski demikian, pihaknya terus mendukung sejumlah stakeholder dan penggiat lingkungan untuk menyuarakan ajakan menjaga lingkungan.

“Kita gak ada, karena dari awal inisiasinya dari teman-teman NGO (Non Government Organization). Memang beberapa tempat kita adakan acara tapi di kementerian secara khusus gak ada. Kita menghadiri undangan teman-teman dari NGO atau pemerhati lingkungan,” kata Djati. (iar)*