Artikel Lingkungan

Hutan Bukit Kondo TN Gunung Rinjani Terbakar

Hutan Bukit Kondo di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani di Provinsi Nusa Tenggara Barat terbakar, Minggu (23/6/2019). Hingga Senin (24/6/2019), luas area yang terbakar diperkirakan mencapai 141,6 hektare. (Dok. TNGR)*

Mataram – Hutan Bukit Kondo di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) di Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat terbakar, Minggu (23/6/2019), sekira pukul 17.00 WITA. Lokasi kebakaran cukup jauh dari jalur pendakian Gunung Rinjani.

“Kondisi areal yang terbakar didominasi rumput dan alang-alang (savana) dengan tofografi yang sangat terjal,” kata Kepala Balai TNGR Sudiyono dalam keterangan resminya sebagaimana dikutip kompas.com, Senin (24/6/2019).

Petugas TNGR telah berkoordinasi dengan aparat setempat yang terdiri dari TNI, Polri, Camat Sembalun, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur, Masyarakat Peduli Api (MPA), Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Masyarakat Mitra Polhut (MMP), dan Balai KPH Rinjani Timur.

Disampaikan dalam keterangan tertulis tersebut, area yang terbakar diperkirakan seluas 141,6 hektare. Selain rumput dan alang-alang, vegetasi seperti edelweis dan cemara gunung juga terbakar. Sampai saat ini, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan.

“Hingga siaran pers diterbitkan, tim masih melakukan pemadaman. Titik api masih terpantau dua hotspot mengarah ke Bukit Kondo dan arah Gunung Pusuk,” kata Sudiyono.

Tim pemadam dan tim evakuasi berhasil mengevakuasi masyarakat yang berada di dalam kawasan ke tempat yang lebih aman, Senin (24/6/2019). “Sejumlah 18 orang dan seluruhnya berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat,” kata Sudiyono.

Selain satu unit mobil slip on dan satu unit mobil patroli Damkarhut, sejumlah peralatan digunakan untuk pemadaman seperti 2 jet shooter, 1 gepyok, 3 jerigen cairan adiktif, sekop, dan parang. Saat ini, petugas sedang berusaha memadamkan api agar tidak meluas ke kawasan hutan Rinjani. (iar)*