ArtikelArtikel PenjelajahanEKSPEDISIPenjelajahan

Indonesia Raya Berkumandang di Lembaharau

Gambar terkaitHasil gambar untuk logo pronasHasil gambar untuk logo c59

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di tepi jalan Lembaharau ketika Tim “Minangkabau Tour” Komunitas Gowes Wanadri mengajak anak-anak setempat untuk mensyukuri dan bangga terhadap Tanahair.

Pada Sabtu (25/11/2017) seluruh anggota tim telah berada di Bukittinggi setelah menempuh perjalanan sejauh 46,6 kilometer dari Lembaharau – Bukittinggi. “Cuaca bersahabat hari ini. Walaupun medan cukup menanjak, kami bisa menyelesaikan etape ini dalam waktu tujuh jam. Kami tiba di Bukittinggi, atau tepatnya di Jam Gadang pada pkl. 15.00 WIB,” tutur Agus Ardjito, yang menangani publikasi dan dokumentasi tim.

Pada sepuluh kilometer pertama cuaca cukup panas dan medan yang menanjak membuat tenaga cepat terkuras. “Untunglah, di Jln, Sukarno Hatta Payakumbuh terdapat penjual air tebu yang langsung diserbu anggota tim,” katanya lagi.

Sehari sebelumnya, Jumat (24/11/2017), dalam etape-3 dari Istana Basa Pagaruyung ke Lenbaharau, perjalanan tim terhenti sejenak karena rombongan peserta lomba “Tour de Singkarak” melintasi jalur yang sama. “Sambil istirahat, kami bisa menonton dulu lomba Tour de Singkarak,” ujar Budiono, anggota tim KGW yang juga menjelaskan bahwa tim kesulitan mengirimkan laporan akibat tidak ada sinyal telefon seluler.

Perjalanan tim di Ranah Minang akan berlanjut pada Minggu (26/11/2017) untuk menempuh rute –Bukittinggi – Ngarai Sianok – Matur- Puncak Lawang- kelok 44 – Danau Maninjau (53,9km). “Sekarang hujan turun deras di Bukittinggi. Tim terjebak di kedai kopi aceh dan belum bisa masuk hotel,” kata Budiono.*