Artikel Penjelajahan

Jalur Pendakian Gunung Prau via Patakbanteng Ditutup 2-5 Juni 2019

Menjelang Lebaran, jalur pendakian Gunung Prau via Patakbanteng ditutup mulai tanggal 2-5 Juni 2019. Pendaki yang ingin mendaki Gunung Prau pada tanggal penutupan tersebut bisa lewat jalur lain yaitu Dieng, Drawarawati, Kalilembu, Ngelak, dan Wates. (Foto: gunung.id)*

Wonosobo – “Pendakian Gunung Prau via Patakbanteng ditutup mulai tanggal 2 Juni 2019 dan akan dibuka kembali pada tanggal 6 Juni 2019.”

Demikian isi informasi dalam surat edaran yang diterbitkan pada 6 Mei 2019 oleh pengelola jalur pendakian Gunung Prau via Patakbanteng.

Informasi tersebut juga diunggah dan disebarluaskan di media sosial Instagram @prau2590mdpl, sejak Rabu (8/5/2019). Dalam unggahan tersebut juga disebutkan selama Ramadan dan Lebaran, pendakian gunung dengan ketinggian 2.590 mdpl itu tetap buka kecuali via Patakbanteng pada tanggal penutupan di atas.

Pengelola akun Instagram @prau2590mdpl sekaligus pengelola jalur pendakian Gunung Prau via Dieng Alfan mengatakan, pendaki masih bisa melakukan pendakian melalui jalur Dieng, Drawarawati, Kalilembu, Ngelak, dan Wates.

“Penutupan hanya di Patakbanteng. Sementara kami koordinasi antar base camp. Jalur pendakian lain agar tetap buka agar wisatawan atau pendaki yang nonmuslim atau tidak merayakan Idulfitri tetap dapat dilayani,” ujar Alfan, Rabu (8/5/2019), dikutip dari kompas.com.

Dikatakannya, selain dalam rangka menyambut hari raya Idulfitri, penutupan juga dilakukan untuk peremajaan jalur pendakian dan ekosistem gunung.

Menjelang Idulfitri, tak hanya jalur pendakian Gunung Prau via Patakbanteng saja yang ditutup. Pendakian Gunung Sindoro via Sigedang dan Gunung Ciremai malah ditutup total selama Ramadan. Jalur Sigedang ditutup sejak 5 Mei dan akan kembali dibuka 8 Juni 2019. Sementara jalur pendakian Gunung Ciremai ditutup 5 Mei dan dibuka lagi pada 5 Juni 2019. (iar)*

Comment here