ArtikelArtikel Lingkungan

Kang Emil, “Citarum Harum Bisa Lebih Cepat”

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Basuki Hadimuljono (kedua dari kiri) mendapat penjelasan dari Kang Ersa  dan Kang Pahala Tua tentang kiprah Wanadri dalam revitalisasi Citarum  di gerai Wanadri di Citarum Expo di Gedung Sabilulungan Soreang Kabupaten Bandung, Selasa (19/2/2019). Foto FEBY

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil optimistis Sungai Citarum akan bersih dalam waktu lima tahun ke depan. Demikian disampaikan gubernur yang juga adalah Komandan Satgas Program Citarum Harum Juara dalam rangkaian Citarum Expo 2019 di Gedung Sabilulungan Soreang Kabupaten Bandung Jawa Barat, Selasa (19/2/2019).

Inilah wajah sabilulungan atau gotong royong, semua bersatu. Akan kami tunjukkan kepada semua, termasuk Bapak Presiden, insyaallah tidak perlu tujuh tahun untuk selesaikan Citarum tapi bisa lebih cepat. Lima  tahun mudah-mudahan Citarum akan kembali harum, dari yang paling kotor menjadi salah satu yang paling bersih,” tutur Gubernur Jawa Barat yang akrab dengan panggilan Kang Emil.

Dikatakannya, masyarakat antusias berkontribusi dengan menyumbangkan harta, tenaga, ilmu, jejaring, dan sebagainya. Dalam waktu dekat, gerakan Citarum Harum Juara juga akan punya kantor, berupa bangunan lima lantai di Braga, Bandung.

“Gedung ini akan dijadikan pusat komando. Di dalamnya ada command center. Canggih, pergerakan bisa dilihat. Ini adalah gong, siapa mengerjakan apa, di mana, anggaran berapa, enam bulan jadi apa, akhir tahun jadi apa. Semua akan jadi orkestra musik yang indah, harmoni dan membanggakan,” katanya lagi.*