Artikel KemanusiaanArtikel Lingkungan

Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau Semakin Luas

Tim Satgas Karhutla Kabupaten Pelalawan, Riau, mengecek sekat bakar yang dibuat dengan menggunakan alat berat eskavator untuk mengantisipasi meluasnya kebakaran hutan dan lahan, Senin (11/3/2019).(KOMPAS.com/IDON TANJUNG)

Pekanbaru – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Provinsi Riau belum teratasi hingga saat ini. Bahkan, dalam sepekan terakhir lahan yang terbakar semakin luas.

Seturut data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Riau, luas lahan yang terbakar periode Januari hingga Maret 2019 hampir mencapai 1.800 hektare.

“Luas hutan dan lahan yang terbakar sejak Januari 2019 hingga hari ini sekitar 1.761,41 hektare,” kata Kepala BPBD Riau Edwar Sanger dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/3/2019) seperti dikutip dari Kompas.

Kata Edwar, kebakaran bertambah luas terjadi di tiga wilayah yakni Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Bengkalis.

“Di Kepulauan Meranti bertambah 29 hektare, Pelalawan 3 hektare dan Kabupaten Bengkalis 12 hektare,” katanya.

Wilayah yang paling besar terdampak karhutla, kata Edwar memaparkan, yakni di Kabupaten Bengkalis sekira 955,5 hektare. Di kabupaten ini, hampir seluruh lahan yang terbakar adalah tanah gambut.

Lalu di Kabupaten Rokan Hilir 254,5 hektare, Kepulauan Meranti 216,4 hektare, Kota Dumai 133 hektare, Siak 70,75 hektare, Indragiri Hilir 48 hektare, Pelalawan 40,5 hektare, Kota Pekanbaru 21,76 hektare, Kampar 19,5 hektare, dan Indragiri Hulu 1,5 hektare.

Edwar mengatakan, upaya pemadaman terus dilakukan Tim Satgas Karhutla, baik tim darat maupun udara, tim gabungan dari kepolisian, TNI, Manggala Agni, BPBD, Masyarakat Peduli Api (MPA) dan dibantu sejumlah perusahaan.

“Pemadaman dan pendinginan terus dilakukan supaya kebakaran tidak semakin meluas,” kata Edwar.

Dari data BPBD Riau sepekan terakhir, luas lahan yang terbakar jauh meningkat dan bertambah luas sekira 300 hektare. Pada Kamis (7/3/2019) lalu, luas lahan yang terbakar mencapai 1.485,91 hektare. Akibat dari kebakaran lahan gambut ini, sejumlah wilayah di Provinsi Riau seperti Kota Pekanbaru, Kota Dumai dan Kabupaten Pelalawan dilanda kabut asap. (iar)*