Artikel Penjelajahan

Libur Panjang, Pendaki Gunung Ciremai di Jalur Palutungan Membeludak

Seorang pendaki melakukan pendaftaran di pos pendakian Gunung Ciremai jalur Palutungan, di Dusun Palutungan Desa Cisantana Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan, Jumat (19/4/19).*/NURYAMAN/PR

Kuningan – Pendakian Gunung Ciremai lewat jalur Palutungan di Dusun Palutungan Desa Cisantana Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan membeludak saat libur panjang akhir pekan ini. Hingga Jumat (19/4/2019), terdata lebih dari 800 pendaki datang melalui jalur tersebut.

Demikian dikatakan Ketua Kelompok Masyarakat Mitra Pengelola Pendakian Gunung Ciremai (MPPGC) Jalur Palutungan Endun Abdullah. Menurut dia, membeludaknya pendaki pada akhir pekan ini melebihi suasana libur akhir pekan lainnya.

“Sebagian besar di antaranya rombongan pendaki dari wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi,” ujar Endun, Jumat (19/4/2019) dikutip dari pikiran-rakyat.com.

Diberitakan, para pendaki punya rencana beragam dalam mendaki gunung yang punya ketinggian 3.078 mdpl. Mereka ada yang merencanakan perjalanan naik turun sehari semalam. Selain itu, banyak juga yang merencanakan baru akan turun kembali ke Palutungan pada Minggu (21/4/2019).

Endun mengatakan, untuk menjaga keamanan dan keselamatan pendaki pada libur panjang pekan ini dikerahkan tim ranger MPPGC Palutungan dan sejumlah relawan. Mereka telah ditempatkan di beberapa pos peristirahatan pendaki di jalur pendakian gunung tertinggi di Jawa Barat tersebut. Bahkan ada yang sudah berangkat sejak Kamis (18/4/2019).

Keberadaan tim ranger dan sukarelawan, kata Endun, untuk berjaga-jaga sekaligus memantau dan melakukan tindakan pertolongan kepada para pendaki yang mengalami sakit atau masalah gangguan kesehatan lainnya.

Endung mengungkapkan, meski selama ini kawasan Gunung Ciremai sering diguyur hujan dan diliputi kabut tebal tetapi masih relatif aman untuk aktivitas pendakian. (iar)*