Artikel Kemanusiaan

Longsor Hiroshima Sudah Renggut 70 Jiwa

HIROSHIMA – Longsor di Hiroshima, Jepang, tercatat telah merenggut 70 jiwa. Data itu dilansir Rabu (27/8/2014), setelah bencana tanah longsor melanda Hiroshima sejak seminggu lalu.

Selain telah merenggut 70 jiwa, masih ada 18 orang lainnya yang masih hilang akibat tanah longsor di Hiroshima. Kemungkinan jumlah korban tewas akan terus bertambah.

Bencana besar di Hiroshima itu terjadi karena dipicu hujan dengan intensitas tinggi selama lebih dari sebulan terakhir. Hari ini saja, hujan lebat masih mengguyur wilayah Hirsohima dan kembali menyebabkan tanah longsor di lereng bukit kota tersebut.

Kebanyakan korban tewas akibat bencana itu ditemukan dalam kondisi terkubur lumpur dan puing-puing bangunan. (Baca: Terkubur Lumpur, Korban Longsor di Hiroshima Jadi 39 Jiwa)

Pemerintah Jepang telah mengerahkan lebih dari 3 ribu polisi, petugas pemadam kebakaran dan tentara untuk membantu mencari para korban.

Salah satu petugas penyelamat berusia 53 tahun dilaporkan ikut tewas tersapu longsor. Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, beberapa hari lalu mengunjungi lokasi bencana itu. Abe sempat dikecam para politikus oposisi, karena ketahuan asyik bermain golf di saat rakyatnya di Hiroshima tewas terkubur tanah longsor. (Baca juga: Hiroshima Longsor Hebat, PM Jepang Asyik Main Golf)

Bencana itu juga memilukan bagi rakyat Jepang. Sebab, di antara para korban ada para pelajar. Seorang siswa SMP yang jadi korban sempat ramai diperbincangkan di media sosial, karena nasibnya tidak diketahui.

”Kami pergi ke SMP yang sama. Saya ingin dia ditemukan sesegera mungkin karena ia sakit,” tulis seorang siswa di akun Twitter-nya yang mencari temannya korban tanah longsor, seperti dikutip Reuters.

(mas)

Sumber : http://international.sindonews.com/