Artikel Lingkungan

Menteri LHK Ingatkan Rimbawan Jaga Lingkungan

Menteri LHK Siti Nurbaya saat memimpin peringatan Hari Bakti Rimbawan 2019 di Bogor, Rabu (13/3/2019). (ANTARA/Arif Firmansyah).

Bogor – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengingatkan rimbawan atau pengelola hutan agar selalu menjaga sumber daya alam dan lingkungan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut dia sampaikan saat memperingati Hari Bakti Rimbawan 2019 yang digelar di Bogor, Rabu (13/3/2019).

“Kita harus bahu-membahu dalam mewujudkan pengelolaan kehutanan dan lingkungan hidup yang berkelanjutan yang menginternalisasi sembilan nilai dasar rimbawan. Jujur, tanggung jawab, disiplin, ikhlas, visioner, adil, peduli, kerja sama dan profesional dalam pengabdian selaku rimbawan,” kata Nurbaya, dikutip dari Antara.

Hari Bakti Rimbawan mengamanatkan kepada para rimbawan untuk lebih bekerja keras dalam pelaksanaan tugas mengelola sumber daya alam agar kelestarian alam dan lingkungan hidup tetap terjaga.

Nurbaya menegaskan bahwa rimbawan juga harus memberikan manfaat kepada masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan bagi generasi mendatang. Sesuai dengan temanya yakni “Hutan untuk Kesejahteraan Rakyat dan Lingkungan Sehat”, maka hutan harus dikelola dengan baik.

Menurut Nurbaya, sumber daya alam dan lingkungan hidup sangat berperan terhadap kesejahteraan masyarakat. Jutaan warga Indonesia bergantung hidupnya pada lingkungan hidup untuk memenuhi kebutuhan ekonomi rumah tangganya.

“Menjaga lingkungan hidup sama dengan menjaga masa depan bangsa ini. Maka dari itu, kerja sama antarlembaga dengan masyarakat harus dilakukan. Jangan sampai sumber daya yang ada tersebut rusak,” kata Nurbaya. (iar)*