Artikel Lingkungan

Musim Tanam Wali Pohon 2018-2019 Selesai Dilaksanakan

Penanaman pohon melalui program Wali Pohon di TBMK. (Dok. Masigit Kareumbi)

Bandung – Program tanam dan pelihara Wali Pohon Masigit Kareumbi musim tanam 2018-2019 selesai dilaksanakan. Melalui program tersebut, sebanyak 5 ribu lebih batang pohon telah ditanam di kawasan konservasi Taman Buru Masigit Kareumbi (TBMK).

Meski pada saat ini hujan masih turun lebat tetapi diperkirakan sudah memasuki akhir musim hujan sehingga program penanaman pohon ditutup. Rencananya, program musim tanam selanjutnya digulirkan akhir tahun 2019.

“Kita akan mulai kembali musim tanam yang baru pada sekitar November-Desember 2019 yang akan datang,” ujar Manajer  Tim Pengelola Taman Buru Masigit Kareumbi, Sandyakala Ning Tyas di Bandung, Senin (8/4/2019).

Saat ini, program konservasi di Masigit Kareumbi terdiri dari dua kegiatan utama yaitu Wali Pohon dan Wali Fauna. Wali Pohon diarahkan pada perbaikan habitat dengan persemaian dan penanaman pohon, sedangkan Wali Fauna fokus pada upaya pemulihan populasi satwa di dalam kawasan. Kedua program tersebut merupakan bentuk partisipasi dan kontribusi publik secara luas terhadap pengelolaan kawasan hutan terutama hutan konservasi.

Pada musim tanam yang telah dilalui, pihak Tim Wali Pohon Masigit Kareumbi telah menanam 5.382 pohon dengan pengadopsi tercatat atas nama :

  1. Wali Individu 12
  2. Abdullah Fardiansyah
  3. Nu’est Baekho
  4. PT Bio Farma (Persero)
  5. PT PLN Pusharlis
  6. STIE Ekuitas
  7. PT Jojonomic Indonesia
  8. Global Shapers Bandung Hub
  9. Acintya Panka – Rawa Laut
  10. PT Bank BJB

Tim Pengelola TBMK berharap pohon-pohon yang disumbangkan untuk kawasan konservasi TBMK dapat terus tumbuh dan menambah areal tutupan hutan. Kawasan TBMK secara administratif berada di tiga wilayah yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Sumedang.

Pada bulan Mei atau Juni, akan dilakukan pemeliharaan awal setelah tanam. Kemudian masa pemeliharaan tengah tahun pada Agustus-September untuk tanaman yang telah ditanam tahun sebelumnya. Menjelang musim hujan nanti, akan dilakukan pemeliharaan sekaligus sensus untuk persiapan sulam pada musim tanam 2019-2020.

Bagi Anda  ingin berpartisipasi mengadopsi pohon di Taman Buru Masigit Kareumbi melalui program Wali Pohon, sila mendaftar untuk musim tanam 2019-2020 melalui tautan https://kareumbi.wordpress.com/program/konservasi/ atau menghubungi Tim Manajemen Pengelola Kawasan Konservasi Masigit Kareumbi di Jln. Arumanis No. 25 Kota Bandung telfon 022 2502085. (iar)*