Artikel Penjelajahan

Sherpa Kami Rita Pecahkan Rekor Pendakian Gunung Everest

Pemandu gunung asal Nepal Kami Rita berpose di Puncak Everest pada 15 Mei 2019. Kami mencatatkan rekor pendakian ke gunung tertinggi di dunia tersebut sebanyak 24 kali pada Selasa (21/5/2019). (Foto: AFP/Seven Summit Treks)*

Kathmandu – Seorang Sherpa Nepal, Kami Rita mencatatkan rekor setelah mencapai puncak Gunung Everest ke-24 kali pada Selasa (21/5/2019). Diberitakan Reuteurs, otoritas Nepal menyatakan bahwa sang Sherpa telah dua kali mendaki dalam sepekan terakhir. Kami Rita mencapai puncak dengan ketinggian 8.850 mdpl tersebut melalui jalur sempit tradisional di bagian tenggara.

“Namun, itu bukan yang terakhir. Soalnya, ia sudah menyatakan masih akan melakukan pendakian lagi sebelum pensiun,” kata Mira Acharya, pejabat Departemen Pariwisata seperti dilaporkan Reuteurs dan dikutip Antara, Selasa (21/5/2019).

Jalur di bagian tenggara tersebut dipelopori oleh warga Selandia Baru Sir Edmund Hillary dan Sherpa Tenzing Norgay pada 1953. Jalur ini tetap sebagai jalur bersalju yang paling terkenal menuju puncak tertinggi di dunia tersebut.

Tahun lalu, Kami Rita mendaki Everest untuk ke-22 kali sekaligus memecahkan rekor 21 kali yang dia capai bersama dua pendaki Sherpa lainnya yang kini telah pensiun.

“Saya masih kuat dan mau mendaki Sagarmatha ke-25 kali,” ucap Kami. Ia merujuk kepada Gunung Everest dalam Bahasa Nepal. Sagarmatha adalah bahasa setempat untuk menyebut Puncak Everest.

Namun demikian, Kami mengaku, tidak berniat untuk mengejar rekor. Ia hanya melakukan pekerjaannya sebagai pemandu. “Saya tidak mendaki untuk rekor dunia. Saya hanya bekerja,” katanya menegaskan.

Para pendaki asing biasanya menjelajahi Gunung Everest dengan bantuan dari Sherpa berpengalaman. Sherpa inilah yang mempersiapkan rute, memperbaiki tali, membawa persediaan, dan oksigen. Mereka berjuang mewujudkan para pendaki asing untuk bisa sampai di puncak dengan lebih mudah. “Sherpa memperbaiki tali sampai ke puncak. Sherpa telah berjuang keras untuk mewujudkannya,” ujar Kami. (iar)*