Artikel Penjelajahan

PENDAKI ASAL DOMINIKA TEWAS DI RINJANI

MATARAM, KOMPAS.com – Mario Alpanso Rodriguez (26), seorang pendaki asal Republik Dominika, ditemukan tewas di Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Benar ada kecelakaan yang menyebabkan pendaki berkebangsaan Dominika meninggal dunia,” kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Agus Budiono, Minggu (10/8/2014).

Menurut Agus, pihaknya belum bisa memastikan kronologi kejadian secara detail yang menyebabkan korban meninggal dunia. Menurut informasi yang diterima TNGR, korban meninggal saat dievakuasi turun dari pendakian.

Agus menceritakan, saat itu, korban mendesak untuk dibawa turun dari pendakian karena merasa kondisi badannya sakit. Karena didesak, akhirnya korban dijemput dengan sepeda motor di Pos II, sekitar pukul 00.30 Wita, Minggu dini hari.

“Saat dievakuasi pakai motor itulah terjadi kecelakaan, jatuh di tempat yang curam akhirnya dia meninggal,” kata Agus.

Hingga saat ini pihak TNGR bersama petugas kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait sebab pasti kematian korban. Sementara jenazah korban dititipkan di RSUD Selong, Lombok Timur untuk proses otopsi.

Mario Rodriguez mulai mendaki Gunung Rinjani pada Jumat (8/8/2014). Jenazah berhasil dievakuasi oleh porter, petugas kesehatan dan petugas TNGR melalui jalur pendakian Sembalun pada Minggu dini hari.

Sumber: http://regional.kompas.com/