Artikel LingkunganArtikel Penjelajahan

Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Ditutup

Jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung. Jalur ini akan ditutup sementara mulai Minggu (10/2/2019) hingga Jumat (1/3/2019) karena cuaca ekstrem sekaligus revitalisasi ekosistem. (Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya).

Temanggung – Kurang dari sepekan, pendakian Gunung Sindoro (Jawa Tengah) via Kledung akan ditutup sementara. Penutupan berlangsung selama 20 hari mulai Minggu (10/2/2019) hingga Jumat (1/3/2019).

Penutupan jalur disampaikan melalui pengumuman yang dikeluarkan Gabungan Remaja Anak Sindoro (Grasindo) pada tanggal 28 Januari 2019 dengan Nomor 01/SE/PNT/II/2019.

Yang menjadi alasan, seturut pengumuman tersebut, disebabkan cuaca yang cenderung memburuk dan disertai hujan lebat yang bisa membahayakan keselamatan pengunjung. Alasan lainnya adalah untuk pemulihan atau revitalisasi ekosistem sepanjang jalur pendakian. Pun sebagai upaya menjaga dan memelihara keanekaragaman jenis tumbuhan, satwa, dan ekosistem.

“Cuaca sekarang sudah mendekati ekstrem, juga untuk revitalisasi ekosistem,” kata salah seorang petugas Basecamp Pendakian Sindoro via Kledung Sutanto, dikutip dari kompas.com (5/2/2019).

Kledung merupakan jalur pendakian favorit Gunung Sindoro sehingga jumlah pendaki yang melintas lebih banyak dan kini jalur tersebut perlu istirahat. Terlebih, sudah beberapa tahun tidak ada penutupan. “Jadi untuk menormalkan kembali jalur-jalur pendakian. Ada pembersihan jalur (dari sampah) dan perbaikan jalur juga,” kata Sutanto.

Dengan adanya penutupan pendakian gunung setinggi 3.153 mdpl via jalur Kledung, maka tanggal 9 Februari 2019 adalah waktu terakhir pendaki turun. Para pendaki sudah tidak diizinkan mendaftar untuk mendaki pada tanggal tersebut. (iar)*

https://travel.kompas.com/read/2019/02/01/220600427/cuaca-buruk-pendakian-gunung-sindoro-via-kledung-akan-ditutup-mulai-besok