ArtikelArtikel PendidikanPDWPDW 2018

PENUTUPAN PDW 2018 DAN PELANTIKAN ANGGOTA MUDA WANADRI (AMW)

Gambar mungkin berisi: langit dan luar ruangan

Minggu, 27 Januari 2019, PDW 2018 ditutup secara resmi dengan Upacara Penutupan khas Wanadri di Situ Lembang. Upacara Penutupan ini sekaligus juga menjadi Pelantikan AMW. Inspektur Upacara (Irup) kali ini adalah Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo (W-017 Pelindung).

Gambar mungkin berisi: 2 orang, luar ruanganPukul 6 pagi, Situ Lembang menguarkan aura semangat seakan siap menyambut kedatangan calon Anggota Muda Wanadri (AMW) yang sudah melewati proses panjang PDW 2018 sejak sebulan sebelumnya. Pukul 7 pagi, orang tua siswa, tamu undangan, anggota Wanadri, dan masyarakat yang menghadiri Pelantikan PDW 2018 sudah tak sabar ingin segera melihat siswa PDW 2018 dilantik. Mereka tak sabar bertemu dan mengucapkan selamat. Banyak di antaranya menanyakan, “Jam berapa anak saya keluar? Mereka sekarang berada di mana? Nanti muncul dari mana?” dan pertanyaan-pertanyaan tak sabar lainnya menyerang panitia.

Pukul 8 pagi, angin kencang dan kabut tebal bergantian datang, memenuhi lapangan upacara, di selingi gerimis beberapa kali. Area barak komando semakin dijejali orang tua siswa, tamu undangan, dan anggota Wanadri.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, luar ruanganPukul 9 pagi, upacara dimulai. Barisan-barisan upacara di lapangan khidmat mengikuti. Tak lama, secara mengejutkan, siswa-siswi PDW 2018 berdatangan dari berbagai penjuru. Keluar dari hutan per regu menyerang lapangan, diiringi asap berwarna dan dentuman TNT. Teriakan Wanadri dari mulut mereka terdengar lepas dan menggetarkan. Secara otomatis mereka berbaris rapi di tengah lapangan upacara. Siap mengikuti upacara. Terlihat air mata mulai bercucuran dari mata mereka.

Pukul 10 pagi, upacara selesai. Pada proses upacara, Komandan Latihan (Danlat) Handoko Marhaban (W-755 Api Rawa) membacakan laporan sebanyak 90 siswa didik dinyatakan selesai mengikuti PDW 2018: 82 putra dan 8 putri, dengan nama angkatan ANGIN KABUT – WINDU PURNAMA.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, luar ruangan

Pada pelantikan tersebut, Huseino Ahmad mendapatkan Nomor Pokok Anggota Wanadri (W-1212 Angin Kabut). Suasana haru dan tangis memenuhi lapangan upacara pada saat penyematan syal dan badge Wanadri dari orangtua kepada AMW terlantik.

Sebelum pelantikan PDW 2018, seluruh siswa melewati medan latihan terakhir yakni Gunung Hutan. Pada medan latihan Gunung Hutan, siswa dilatih dengan praktik navigasi, explorer search and rescue (ESAR) termasuk evakuasi dan survival.*