Ratusan Relawan Kumpulkan Setengah Ton Sampah di Gunung Salak

Relawan tengah memungut sampah yang berserakan di jalur pendakian Gunung Halimun Salak di Resor Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. (Megapolitan.Antaranews.Com/Foto: Aditya AR).

Sukabumi – Ratusan relawan dari berbagai elemen dan pencinta alam membersihkan sampah yang berserakan di Taman Nasional Gunung Halimun-Salak (TNGHS). Total, sampah yang berhasil dikumpulkan mencapai setengah ton.

“Aksi bersih-bersih Gunung Salak ini merupakan puncak dari Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diinstruksikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya,” kata Kepala TNGHS Awen Supranata di Sukabumi, Senin (4/3/2019), dikutip dari Antara.

Menurut Awen, bersih-bersih sampah di TNGHS dilakukan di sejumlah titik seperti jalur pendakian, objek wisata, daerah konservasi, cagar alam dan lainnya. Langkah ini, kata dia, dilakukan untuk menjaga ekosistem yang ada di Gunung Salak tersebut lantaran masih banyak oknum yang datang membuang sampah sembarangan.

Aksi tersebut, masih kata Awen, juga untuk mengingatkan para pengunjung khususnya wisatawan agar menjaga kebersihan di mana pun berada. Sebabnya, keberadaan sampah tersebut tentunya mengganggu ekosistem apalagi sampah yang sulit diurai tanah seperti plastik.

“Jangan sampai orang yang datang ke TNGHS ini hanya bisa mengotori saja. Tetapi yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan. Jangan sampai gunung ini tercemar oleh sampah yang dibawa pengunjung,” kata Awen.

Sampah-sampah yang berhasil dikumpulkan dan diangkut relawan terdiri dari sampah bekas botol minuman ringan dan air mineral, plastik, puntung rokok, bekas makanan dan lainnya. Sampah tersebut ditemukan hampir di semua titik khususnya di jalur pendakian. Dari hasil aksi pungut sampah di TNGHS terkumpul 515,5 kilogram atau setengah ton lebih. (iar)*

Leave a Reply