Artikel Penjelajahan

Selama Ramadan dan Idulfitri, Pendakian Gunung Sindoro via Sigedang Ditutup

Jalur pendakian Gunung Sindoro via Sigedang ditutup sementara mulai 5 Mei dan dibuka kembali tanggal 8 Juni 2019. Penutupan jalur ini selama bulan Ramadan telah dilakukan berturut-turut sejak delapan tahun terakhir. (Foto: @nialissugianti/ @ sindorosumbingmountain)*

Wonosobo – Selama bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri, jalur pendakian ke Gunung Sindoro di Jawa Tengah via Desa Sigedang Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo ditutup.

“Berdasarkan hasil rapat koordinasi penutupan jalur pendakian Gunung Sindoro via Sigedang/ Putra Sindoro, dalam rangka bulan suci Ramadan dan Idulfitri, kami menyatakan bahwa: “Pendakian Gunung Sindoro via Sigedang ditutup mulai tanggal 5 Mei 2019 dan akan dibuka kembali pada tanggal 8 Juni 2019.”

Pengumuman tersebut disampaikan dan disebarkan pihak base camp Gunung Sindoro via Sigedang/ Putra Sindoro dalam akun Instagram @putra.sindoro yang diunggah Jumat (3/5/2019).

Ketua Base Camp Pendakian Gunung Sindoro via Sigedang Imin mengatakan, penutupan jalur tersebut bersifat sementara. Menurut dia, penutupan selama Ramadan rutin dilakukan dalam delapan tahun terakhir. Selain disebar di media sosial, pihaknya juga telah memasang pengumuman di papan pengumuman base camp.

“Jadi, ini sudah delapan tahun berturut-turut kami melakukan penutupan jalur,” kata Imin.

Selain karena banyak personel base camp yang tengah melakukan ibadah, penutupan juga dalam rangka pemulihan jalur. “Penutupan ini juga untuk perbaikan atau peremajaan jalur pendakian,” katanya mengimbuhkan.

Kendati demikian, pada bulan Ramadan para pendaki masih bisa melakukan pendakian Gunung Sindoro pada jalur berbeda yakni via Kledung. Jalur ini hanya ditutup selama empat hari di awal Ramadan mulai tanggal 5-8 Mei 2019.

Informasi ini disampaikan Gabungan Remaja Anak Sindoro (Grasindo) di Kledung Kabupaten Tumenggung melaui pengumuman Nomor: 03/SE/PNT/V/2019 yang diunggah pada akun Instagram @sindorosumbingmountain pada Jumat (3/5/2019).

“Berdasarkan hasil rapat koordinasi penutupan jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung di sekretariat yang bertempat di Kledung Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung Jawa Tengah ditetapkan bahwa: Pendakian Gunung Sindoro via Kledung ditutup mulai tanggal 5-8 Mei 2019 dan akan dibuka kembali tanggal 9 Mei 2019.” (iar)*