Artikel LingkunganLingkungan

Suaka Merak TBMK

Halo sahabat TBMK!

Saat ini tim  sedang melakukan pemasangan instalasi kandang yang nantinya akan digunakan Merak Hijau Jawa. Nah, buat yang belum tau merak hijau itu apa dan seperti apa ciri-cirinya disini akan aku jelasin nih. Merak hijau (green peafowl) yang dalam bahasa ilmiah disebut Pavu muticus, merak jenis ini nggak kalah cantiknya dengan merak india ataupun merak biru (Pavo cristatus) yang terdapat di negara India, Pakistan, Sri Lanka, Nepal dan Bhutan, dan merak kongo (Afropavo congensis) yang merupakan burung endemik di Republik Demokratik Kongo.

Bagaimana ciri-cirinya? Terdapat di Tiongkok, Vietnam, dan Indonesia, sekilas fauna ini berbentuk seperti ayam. Mengutip Greeners.co (30/5/2017), pada merak jantan terdapat mantel, leher, dada dan punggung berwarna hijau keemasan bermotif sisik. Adapun penutup ekornya sangat panjang dan ketika dibuka akan membentuk kipas raksasa yang memiliki bulu mengkilap dengan bintik berbentuk mata yang khas. Di atas kepalanya terdapat jambul tegak. Dari segi ukuran, merak jantan memiliki ukuran 180-250 cm. Meskipun ukurannya sangat besar, tapi merak hijau termasuk burung yang pandai terbang nih.

Merak Hijau Jawa

di TBMK sedang ikhtiar memasang instalasi kandang yang akan digunakan sebagai suaka merak hijau jawa di TBMK. Do’akan lancar ya 🙂 . Ikuti proses yang berjalan di halaman Instalasi Aviary Merak TBMK. Jangan lupa untuk follow Instagram Wanadri perihal informasi terbaru.