Artikel Lingkungan

Suhu Dataran Tinggi Dieng Capai Minus 9 Derajat Celcius

Embun es menyelimuti dataran tinggi Dieng di Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah beberapa hari terakhir. Suhu di wilayah tersebut mencapai minus 9 derajat Celcius pada Senin (24/6/2019). Fenomena bun upas ini menutupi tanaman dan perkebunan warga sekitar. (Foto: liputan6.com)*

Jakarta – Suhu objek wisata dataran tinggi Dieng di Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah mencapai minus 9 derajat Celsius, Senin (24/6/2019). Bahkan, dua hari sebelumnya lebih rendah yakni minus 5 derajat Celcius. Akibatnya, embun beku Dieng atau dikenal dengan fenomena bun upas menutupi tanaman dan perkebunan warga sekitar.

“Secara umum, kondisi suhu dingin ini terjadi sebagai akibat dari adanya aliran massa udara dingin dan kering dari wilayah benua Australia yang dikenal dengan aliran monsun dingin Australia,” kata Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mulyono Prabowo di Jakarta, Selasa (25/6/2019), dikutip dari liputan6.com.

Secara klimatologis, kata Mulyono, monsun dingin Australia aktif pada periode bulan Juni, Juli hingga Agustus. Di wilayah Indonesia selatan ekuator, periode ini merupakan puncak musim kemarau.

“Desakan aliran udara kering dan dingin dari Australia ini menyebabkan kondisi udara yang relatif lebih dingin terutama malam hari dan dapat dirasakan lebih signifikan di wilayah dataran tinggi atau pergunungan,” katanya menjelaskan.

Menurut dia, suhu dingin sebetulnya tak hanya terjadi di wilayah Jawa tetapi juga mencapai Nusa Tenggara. Suhu di sejumlah daerah termasuk Dieng, mengalami penurunan signifikan saat malam hari bahkan mencapai di bawah 15 derajat Celcius.

Sementara Kepala UPT Dieng Aryadi Darwanto mengatakan, suhu minus 9 derajat Celcius di Dieng tercatat di kompleks Candi Arjuna. Sedangkan di dalam ruangan rumah warga di Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara mencapai minus 1 derajat Celcius.

“Minus 9 derajat Celcius ini dampaknya sudah sampai ke pertanian dan tanaman yang cukup luas,” ujar Aryadi.

Dikatakannya, suhu udara di dataran tinggi Dieng dalam beberapa hari terakhir memang turun ke suhu di bawah nol dan terendah pada Senin (24/6/2019). Suhu normal biasanya berkisar antara 20 hingga 25 derajat Celcius. (iar)*