Tim Kembara Citarik Wanadri Laksanakan Bimtek

 

Tim Kembara Citarik Wanadri yang akan melakukan pendataan tingkat pencemaran S.Citarik Kabupaten Bandung mendapat bimbingan teknis dari tim KLHK, Kamis dan Jumat (12-13/4/2018).

Dalam kegiatan selama 2 hari tersebut, tim memperoleh materi yang cukup beragam mulai dari aspek kebijakan, perhitungan daya tampung beban pencemaran, pengelolaan sampah, hingga teknik pengambilan sampel air. Seluruh materi yang diberikan sangat bermanfaat bagi tim karena dapat memberikan gambaran di tingkat konsep hingga praktik di lapangan.

Porsi praktik dalam kegiatan bimtek kali ini masih terbatas. Dari 16 orang peserta kegiatan dari Wanadri, hanya dua anggota tim yang terjun langsung yaitu Yaya untuk pengambilan sampel air menggunakan botol sampel kaca untuk mengukur DO dan BOD, dan Dede untuk penggunaan alat Niskin Bottle Sampler untuk mengukur DO dan BOD yang lebih dirancang untuk penggunaan di laut.

Sementara itu, anggota tim yang lain memperhatikan proses sampling maupun tata cara penggunaan alat. Untuk penggunaan alat yang lain juga tidak dilakukan oleh peserta dari tim Wanadri melainkan oleh pihak pemilik alat, sehingga masih diperlukan proses praktik lapangan lebih lanjut oleh tim agar dapat memahami penggunaan alat sampling, yang disesuaikan dengan peralatan yang digunakan untuk operasi pengambilan sampel air.

No Judul Materi Pemateri Jabatan/Instansi
1. Kebijakan Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air Safrudin Kasi Alokasi Beban Pencemaran, KLHK
2. Penerapan Daya Tampung Beban Pencemaran Safrudin Kasi Alokasi Beban Pencemaran, KLHK
3. Aspek Filosofis dan Praktis dalam Pengelolaan Sampah Ujang Solihin Sidik Kasubdit Barang dan Kemasan, Direktorat Pengelolaan Sampah – Ditjen PSLB3, KLHK
4. Teknik Pengambilan Sampling Uji Air Permukaan (praktikum) Asiah Dirjen Pengendalian Pencemaran Air, Ditjen PPKL KLHK