Tim Wanadri Capai Puncak Yamin

Sang Saka Merah Putih berkibar dan Indonesia Raya menggema di Puncak Yamin (4.535 mdpl) ketika Tim Ekspedisi Puncak Yamin Wanadri berhasil menapaki dan menziarahi salah satu puncak tertinggi di Papua itu. Informasi keberhasilan tim Wanadri yang bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila, Senin (1/10/2018)  pkl. 11.23 WIT, disampaikan tim melalui komunikasi telefon satelit kepada tim pemantau di Sekretariat Wanadri  Jln. Pahlawan 70 Bandung.

Puncak Yamin dapat digapai setelah 11 hari pendakian oleh tim Wanadri bersama Masyarakat Distrik Bime Kabupaten Pegunungan Bintang Provinsi Papua. Kini, tim tercatat sebagai orang dan tim Indonesia pertama di dunia yang berhasil melakukan pendakian bersama Masyarakat Distrik Bime, Kab. Pegunungan Bintang, Prov. Papua untuk menggurat sejarah baru dengan memancangkan besi plakat letak puncak dan keberadaannya.

Puncak Yamin, atau “Prins Hendrik Top”, terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Pegunungan Bintang dan Kabupaten Yahukimo, Papua. Salah satu permukiman terdekat di kaki Puncak Yamin adalah Osua Annin di Distrik Bime Kabupaten Pegunungan Bintang. Puncak Gunung Yamin disebut juga Olsua Vamin atau Gunung Lim.

“Atas nama seluruh Pemuda Indonesia, keberhasilan ini kami persembahkan untuk persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia sekaligus memperingati Hari Besar Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2018. Terima kasih banyak untuk Masyarakat Indonesia, Masyarakat Bime, Pihak Sponsor, Indonesia Mengajar, dan Wanadri yang terus mendukung sejadi-jadinya. Rasa syukur dan hormat kami untuk-Mu, Terpujilah Engkau dengan segala nama yang Engkau sebut untuk menyebutkan-Mu.” Demikian pesan yang disampaikan tim sesaat setelah mencapai Puncak Yamin.

Perjalanan tim akan segera berlanjut kembali ke Kampung Bime yang diperkirakan akan menempuh waktu lima hari. “Tim Ekspedisi Puncak Yamin WANADRI akan melanjutkan perjalanan, yaitu ke titik akhir Kampung Bime pada hari Jumat, 5/10/2018. Mohon doa. Amin.”*