Artikel Penjelajahan

Viral, Pendaki Gunung Merbabu Terjebak Macet di Jalur Pendakian

Kepadatan pendaki di jalur pendakian Gunung Merbabu. (Dok. @riaaanpostman).*

Boyolali – “Macet! Ini arus balik yang sangat macet untuk hari ini,” ujar seorang pria dalam video yang tengah berada di jalur pendakian Gunung Merbabu.

Video diunggah pemilik akun Instagram @riaaanpostman pada Minggu (21/4/2019). “Kondisi Gunung Merbabu hari Sabtu 20 April 2019 sekitar pukul 13.00. ramai, penuh sesak, padat & merayap, baik itu pendaki yang hendak naik ataupun turun harus sabar antre. Adakah kalian di sana?” tulis akun tersebut.

Suasana macet itu diambil di antara Pos 1 menuju Pos 2 Gunung Merbabu via Selo. Tak lama berselang, unggahan tersebut diunggah ulang oleh pengelola akun @mountnesia (598 ribu pengikut) dan @natgeoindonesia (544 ribu pengikut) kemudian menjadi viral.

Hingga Selasa petang (23/4/2019), video tersebut telah dilihat 63.366 kali oleh pengikuti akun @mountnesia dengan 760 komentar. Sementara pada akun @natgeoindonesia telah dilihat 125.432 kali oleh pengikutnya.

Yang menarik, pengelola akun @natgeoindonesia menjadikan video singkat tersebut sebagai bahan diskusi dengan pengikutnya. Pertanyaannya, “Apabila melihat kondisi begini, pernahkah kita menghitung beban yang ditanggung oleh lingkungan gunung?” Pertanyaan dalam diskusi tersebut ditanggapi beragam para pengikutnya hingga mencapai 803 komentar.

Pada libur panjang pekan lalu antara Jumat-Minggu (19-21/4/2019), Gunung Merbabu di Jawa Tengah menjadi salah satu gunung yang diserbu para pendaki. Gunung lainnya yang juga dipadati pendaki pada momentum tersebut antara lain Gunung Ciremai di Jawa Barat. (iar)*