ArtikelArtikel Kemanusiaan

Wanadri Ikuti Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

Bandung – Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri bersama kelompok-kelompok relawan sipil lainnya mengikuti Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana di Jawa Barat yang dilaksanakan di Lapangan Hubdam III Siliwangi Jln. Moh. Toha Kota Bandung, Rabu (18-12-2019).

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dalam apel tersebut menyampaikan bahwa ribuan aparat TNI-Polri serta kelompok-kelompok relawan telah disiagakan untuk mengantisipasi bencana alam saat memasuki musim hujan saat ini. “Kalau diperlukan (helikopter) kita siapkan. Kita kerahkan. Untuk jumlahnya, sesuai kebutuhan saja. Kalau kebutuhan banyak, kita siap baik TNI maupun Polri,” ujar Pangdam seusai apel.

Apel yang diselenggarakan Kodam III/Siliwangi itu juga dihadiri Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi, Kepala Basarnas Jabar Deden Ridwansyah, sejumlah unsur pemerintah Provinsi Jabar dan para relawan. Dari Wanadri, hadir para pengurus yang dipimpin langsung Ketua Dewan Pengurus XXVI Rafi Respati (W-1051/Topan Rimba), Wanadri selama ini aktif dalam kegiatan kemanusiaan, lingkungan, dan pendidikan – selain penjelajahan.

Nugroho mengatakan bahwa kesiapan personel dalam menghadapi bencana diperlukan. Dia berkaca pada rentetan bencana yang terjadi pada tahun lalu yang puncaknya terjadi di akhir tahun. Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar, tahun 2018 terjadi 1.399 bencana alam meliputi 452 longsor, 416 kebakaran, 260 puting beliung, 123 banjir, 141 kebakaran hutan dan lahan, 5 kali air laut pasang, dan 2 kali gempa bumi. Tahun ini berdasarkan data BPBD, sudah terjadi 1.740 bencana yang meliputi 478 longsor, 357 kebakaran, 368 puting beliung, 138 banjir serta 14 gempa bumi. (MDC/detik.com)*