Artikel LingkunganArtikel Penjelajahan

Wanadri Trail Run 2019, Ajang Menantang Bagi Penyuka Lari dan Pencinta Alam

Para peserta memulai lomba lari Wanadri Trail Run 2018 di Ciater Kabupaten Subang, Minggu (1/7/2018). Tahun ini Wanadri Trail Run melombakan 5 kategori dengan target keseluruhan 500 peserta. (Dok. Wanadri Trail Run 2018)*

Bandung – Setelah sukses digelar pertama kali pada 2018, lomba lari lintas alam bertajuk Wanadri Trail Run akan kembali diselenggarakan pada Minggu, 21 Juli 2019 di Ciater Highland Resort Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat.

Selain ajang menantang unjuk kekuatan dan ketahanan bagi penyuka olah raga lari dan pencinta alam dari berbagai daerah, Wanadri Trail Run 2019 juga digelar untuk menyokong potensi pariwisata di Jawa Barat.

“Wanadri Trail Run adalah lomba lari lintas alam. Kita adakan dalam rangka mendukung pariwisata di Jawa Barat. Idenya bahwa Wanadri besar dari Jawa Barat. Jadi, kita lakukan sesuatu untuk Jawa Barat dengan ikut mempromosikan pariwisata daerah supaya orang datang,” kata Direktur Utama PT Wana Adri Nusantara Gustav Husein selaku penyelenggara Wanadri Trail Run 2019, Selasa (28/5/2019).

Dikatakan dia, olah raga khususnya lari bagi pencinta alam itu penting tak terkecuali anggota Wanadri. Ketika di alam, pencinta alam mesti punya kekuatan fisik mulai dari kaki hingga napas. “Jadi, ini mendukung kegiatan Wanadri dan pencinta alam supaya tetap berlatih dan meningkatkan kekuatan fisik. Jika seseorang hendak mengikuti lomba, tentu akan mempersiapkan diri antara dua sampai tiga bulan untuk berlatih,” tuturnya.

Gustav Husein (W 327 KS), yang akrab dengan sapaan Kang Ocim mengatakan bahwa pendaftaran event trail run biasanya dibuka beberapa bulan sebelum pelaksanaan. Begitu juga dengan pendaftaran Wanadri Trail Run 2019 yang sudah dibuka sejak 3 Maret 2019. Penyuka olah raga lari, pencinta alam, dan masyarakat yang hendak turut berlomba punya cukup waktu untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

“Diharapkan dengan waktu persiapan yang relatif panjang, akan merangsang anggota pencinta alam khususnya Wanadri untuk terus berolah raga,” katanya.

Lebih jauh Kang Ocim mengutarakan bahwa Wanadri Trail Run diadakan untuk memperkuat perhimpunan Wanadri dari sisi keanggotaan. Dengan seringnya anggota berkumpul di alam, maka komunikasi antaranggota bakal lebih bagus sehingga memunculkan kreasi dan inovasi.

Untuk itu, masih kata dia, penyelenggara Wanadri Trail Run 2019 menggratiskan biaya pendaftaran khusus bagi 30 anggota muda Wanadri. “Intinya yang gratis diprioritaskan untuk 30 anggota yang paling muda dulu. Tujuannya agar anggota angkatan muda bertemu dengan seniornya sehingga meningkatkan interaksi dan komunikasi antaranggota,” ucapnya.

Dari sisi penyelenggaraan, Kang Ocim menyebut hampir seluruh jajaran panitia melibatkan anggota Wanadri. Mereka ada yang menjadi race director, marshall hingga tim survei lintasan. Pada pelaksanaannya nanti, peserta Wanadri Trail Run 2019 akan melintasi alam di kawasan Ciater dengan didominasi trek tanah, bebatuan dan offroad serta sedikit jalan aspal.

Melihat animo peserta pada gelaran tahun lalu yang mencapai 300 orang, penyelenggara Wanadri Trail Run 2019 menargetkan 500 peserta dari semua kategori. “Target tahun ini 500 peserta. Harapannya, 2-3 tahun lagi target peserta bisa mencapai 1.000 orang dengan 3-4 sponsor utama,” kata Kang Ocim.

Tahun ini dilombakan lima kategori yaitu Trail Run 50 Km, Trail Run 25 Km, Trail Run 13 Km, Fun Trail Run 5 Km, dan National Championship 50 Km. Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi situs web wanadri-run.com. (iar)*

Comment here